Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android agar Tidak Lemot dan Cepat Panas

Cara Mengatasi Android agar Tidak Lemot dan Cepat Panas
Cara Mengatasi Android agar Tidak Lemot dan Cepat Panas

NiceAsso.net - Pernakah anda memiliki pengalaman tentang smartphone android yang lemot dan cepat panas? jawaban sudah bisa saya tebak yaitu pernah dan pasti! 

Pasti akan sangat menjengkelkan ketika smartphone yang kita gunakan setiap hari lemot banget, aktivitas driver sekarang sangat menuntut untuk bertukar informasi secara cepat dan segala sesuatu yang sering dilakukan secara berani.

Lemot atau lambat tidak bisa dipisahkan dari panas. Jadi ketika smartphone kita mengalami kinerja, secara otomatis seperti proses dan baterai akan bekerja lebih maksimal yang kemudian akan menyebabkan panas di perangkat smartphone atau hardwarenya. 

Yang lama-kelamaan akan mengurangi performa dan daya tahan dari perangkat keras itu sendiri dan perangkat yang lainnya. Lalu akan muncul pertanyaan utamanya yaitu bagaimana mengatasi smartphone android yang lemot dan cepat panas? 

mungkin akan banyak yang menjawab ganti hp! Namun yang perlu diingat adalah seberapa baru dan canggih smartphone kita, jika dalam penggunaanya asalan dan tidak peduli dengan perangkat itu sendiri, serta tidak sesuai dengan prosedur pengoperasian maka akan tetap terasa lemot dan cepat panas.

Cara Mengatasi Android agar Tidak Lemot dan Cepat Panas

Saya memiliki beberapa tips dan trik yang setidaknya akan mengurangi potensi hp android kita lemot dan cepat panas.

1. Melakukan Update Sistem dan Aplikasi

Secara berkala biasanya smartphone akan diberikan update sistem oleh pabrikan ponsel tersebut yang akan muncul notifikasi ketika kita terhubung ke jaringan atau beberapa juga ada yang melakukan update sistem melalui paket update yang telah didownload sebelumnya (saya kurang merekomendasikannya). Lebih baik melakukan sistem langsung jika ada notifikasinya seperti gambar berikut :

Masuk ke pengaturan – tentang ponsel – Unduh pembaruan – lakukan instalasi setelah selesai mendownload, sebagai catatan saya rekomendasikan ketika menginstalasi baterai hp minimal 20%, jika kurang dari 20% biasanya langsung muncul peringatan terlebih dahulu. karena ketika proses instalasi gagal hp anda tidak bisa bekerja normal seperti biasanya dan paling fatal adalah hp akan mati total dan tidak bisa digunakan sama sekali jadi harus berhati-hati.

Fungsi dari update sistem yaitu :

  1. melakukan dari sistem ke versi yang terbaru contoh : android Oreo ke versi android Pie.
  2. Membuat sistem akan lebih stabil dari sistem sebelumnya.
  3. dan menambahkan fitur sistem terbaru.
  4. tingkat keamanan sistem dari bug sistem sebelumnya.
  5. meningkatkan performa ponsel dan membuat baterai ponsel lebih awet.

2. Penyimpanan Internal yang Penuh (ROM)

Ponsel yang lambat mencari permasalahannya bisa datang dari penyimpanan internal yang penuh, memeriksa penyimpanan internal dengan masuk ke pengaturan – pilih penyimpanan maka akan tampil kapasitas penyimpanan kita.

Kapasitas penyimpanan internal dan eksternal

Untuk menghindari ponsel yang lambat karena penyimpanan yang penuh saya punya beberapa cara untuk mengatasinya, simak berikut ini :

  • Tambahkan memori eksternal jika hp tersebut memiliki slot micro SD.
  • Selalu sisakan ruang penyimpanan minimal 500 MB agar tidak mengganggu sistem dan aplikasi.
  • membersihkan perangkat "chace".

Cache di memori internal

  • Memindahkan dan mem-backup segala jenis media (foto,video,rec dll) ke hardisk eksternal atau ke fasilitas penyimpanan cloud seperti Google drive.
  • Uninstall aplikasi yang jarang atau tidak terpakai.
  • Menggunakan aplikasi dengan versi Lite , karena ukurannya yang kecil menghemat penyimpanan.

3. RAM yang Penuh

Pada dasarnya segala jenis aplikasi berjalan karena adanya RAM, fungsi RAM ini sangat penting ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Cepat lambatnya, mulus tidaknya aplikasi berjalan faktor terbesarnya adalah RAM. 

Jadi ketika RAM sudah penuh tingkat responsif ponsel akan menurun dan mengurangi kemampuan multitasking dari ponsel tersebut. dan ciri-ciri dari hp dengan RAM penuh adalah seperti berikut:

  • Banyak aplikasi yang crash/rusak tidak bisa dijalankan.
  • Performa aplikasi yang sering lag dan patah-patah.
  • Hp sering restart sendiri secara tiba-tiba.
  • Aplikasi yang sedang di latar belakang akan berhenti ketika membuka aplikasi lain.
  • Kemudian pertanyaannya bagaimana cara mengatasi RAM yang penuh ? berikut ini beberapa tipsnya :
  • Jangan terlalu banyak menggunakan widget.

Menutup aplikasi yang berjalan di background, karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background akan mengurangi kinerja RAM.

Aplikasi berjalan di background

  • Jangan gunakan Live Wallpaper , selain mengurangi kinerja RAM juga membuat baterai cepat.
  • Meng-nonaktifkan animasi .
  • lakukan restart pada ponsel.
  • Menggunakan aplikasi penguat RAM.

4. Jangan memainkan Hp saat di Charge (cas)

Maksudnya adalah ketika ponsel dalam keadaan dicas itu artinya ponsel sedang dalam keaadaan mengisi daya, artinya lebih baik kita mengurangi aktivitas yang membuat ponsel keluar ketika dicas.

Oleh karena itu jangan menggunakan ponsel ketika membuka aplikasi berat. game online, streaming, dll yang dapat menyebabkan ponsel terasa panas karena ponsel akan bekerja lebih keras dalam pengisian daya. 

Dampaknya jika hal itu dilakukan terus-menerus adalah akan mengurangi umur baterai karena panas yang dihasilkan lama-kelamaan akan mengurangi kinerja perangkat keras ponsel. tadi. 

Kemudian muncul pertanyaan apakah hp yang dicas semalaman membuat baterai menggelembung? Saat ini ponsel-ponsel sudah dibekali chip Charging Protection yang mana chip ini berfungsi memutus aliran listrik atau daya saat pengisian daya sudah mencapai 100%. 

Memang tidak bisa dilihat dengan mata ada atau tidaknya teknologi Charging Protection ini memang di informasi spesifikasinya tidak dicantumkan karena. Cara mudah memastikannya yaitu ketika hp dicas semalaman lalu dilihat keesokan harinya. 

Jika hp dalam kondisi dingin berarti ponsel ada Charging Protection tanpa khawatir ponsel kalian akan mengalami kebocoran baterai, over heat, atau yang paling berbahaya adalah bisa meledak.

5. Membersihkan Memori Cache

Apakah kalian tahu cache memori itu apa ? chace itu adalah data yang bersifat sementara yang ada dalam penyimpanan internal suatu smartphone. 

Cache ini merekam segala data atau aktivitas yang dilakukan oleh pengguna saat memakai aplikasi, seperti ketika kalian bermain game, browsing, login, menyimpan password dll. Jadi fungsi dari cache ini yaitu membantu smartphone ketika membuka suatu aplikasi jauh lebih cepat.

6. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background (mengosongkan RAM)

Ketika kita membuka suatu aplikasi kemudian kita kembali ke home dan membuka aplikasi lain tidak kemudian aplikasi yang kita buka sebelumnya sudah berhenti. 

Tetapi aplikasi sebelumnya kita buka itu masih berjalan di latar belakang, kalian bisa melihatnya dengan menekan tombol sebelah kiri tombol home.

7. Free up RAM ( membersihkan aplikasi berjalan di background)

Setelah kalian menekan maka akan muncul semua aplikasi yang sudah kalian buka tetapi belum kalian tutup, Disitu bisa kalian lihat di sebelah kanan atas informasi mengenai penggunaan RAM dan kapasitasnya . 

Intinya sedikit aplikasi yang dibuka atau semakin sedikit RAM yang digunakan maka kinerja ponsel akan semakit ngebut atau cepat. 

Sebaliknya semakin banyak aplikasi yang dibuka dan semakin banyak RAM yang terpakai maka ponsel akan terasa lemot dan menambah cepat menguras baterai dan membuat ponsel cepat panas.

8. Menggunakan Aplikasi dengan Versi Lite (ringan)

Cara ini sangat efektif buat kalian yang memiliki kapasitas RAM bawaan yang sedikit. Karena aplikasi ini sengaja dibuat bukan hanya untuk ponsel dengan spesifikasi rendah. 

Tetapi untuk semua orang yang ingin menggunakan aplikasi yang sederhana dan tidak terlalu menguras penggunaan memori internal dan RAM. Contohnya seperti : Facebook Lite, Twitter Lite, Line Lite, Messenger Lite, dll. 

Karena aplikasi yang sederhana dan ukurannya yang jauh lebih kecil dari mendukung maka fitur- fitur di dalamnya tidak selengkap seperti versi mendukung tetapi tidak mengurangi dari sisi fitur.

9. Nyalakan ulang Hp

Reboot adalah suatu cara untuk menghidupkan kembali sistem operasi android . Fungsi dari reboot ini adalah :

  • Mengosongkan RAM, karena semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dan depan akan berhenti.
  • Segarkan sistem, karena file temporary dan file sampah akan terhapus ketika di reboot.
  • Mengatasi aplikasi yang bermasalah, ketika ada salah satu aplikasi yang gagal ketika dibuka maka bisa diatasi dengan reboot sistem.
  • Memulai aplikasi yang baru diinstal, terkadang beberapa aplikasi mengharuskan penggunanya untuk melakukan restart sebelum digunakan bekerja agar file yang ada didalam aplikasi dapat dibaca dengan sempurna oleh sistem.
  • Mengatasi kendala jaringan, ketika jaringan ponsel lemot atau jaringan pustus-nyambung bahkan tidak ada sinyal sama sekali, coba Anda lakukan reboot agar sistem kembali segar dan lancar.

10. Memmatikan Koneksi Data dan Seluler

Saat kalian pergi ke suatu tempat pedesaan, pegunungan, pokoknya disuatu tempat yang jarang ada signal bahkan tidak ada signal , jangan paksa untuk membuka aplikasi yang membutuhkan koneksi ke jaringan. Karena ponsel akan berusaha lebih keras dalam mencari sinyal/jaringan akan membuat baterai ponsel lebih cepat dan panas.

Atur Ulang Pabrik Adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menghapus data dari ponsel kita dan membuat ponsel kita menjadi seperti baru. Berikut langkah untuk reset faktori

11. Reset Pabrik Android

Kalian bisa masuk ke pengaturan – di menu sistem dan perangkat memilih pengaturan tambahan – pilih cadangankan dan setel ulang – pilih reset ke pengaturan pabrik.

Fungsi dari factory reset adalah :

  • Membuat performa ponsel seperti baru ngebut dan lag.
  • menyeselasaikan masalah pada wifi dan hotspot di ponsel.
  • membersihkan virus dan malware
  • Membersihkan file temporary, cache, dan file sampah lainnya sampai tuntas.
  • Penyimpanan internal dan RAM kembali lega.

12. Melakukan Root

Root adalah salah satu cara untuk mendapatkan akses penuh terhadap sistem android, kita bisa memodifikasi sistem bawaan android. 

Fungsi umum yang kita dapat dari root android ini adalah : Kita bisa memiliki akses (unlock) aplikasi yang sebelumnya tidak memiliki hak akses, kita bisa menghapus aplikasi bawaan yang dirasa kurang perlu, kita bisa meng-overclock prosessor bawaan android agar performanya meningkat.

Penutup

Nah itulah beberapa Cara Mengatasi Android agar Tidak Lemot dan Cepat Panas yang dapatt kamu prakttekkan sendiri. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanaat dan menambah wawasan ya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Android agar Tidak Lemot dan Cepat Panas"